قال عمر رضي الله عنه: (أخوف ما أخاف عليكم أن تهلكوا فيه ثلاث خلال: شحٌّ مطاع، وهوى متبع، وإعجاب المرء بنفسه) [6223] رواه ابن عبد البر في ((جامع بيان العلم وفضله)) (1/568) (960).
Umar berkata, Suatu yang paling aku takutkan atas kalian adalah tiga perkara, kekikiran yang ditaati, hawa nafsu diikuti dan orang yang bangga diri.
وقال علي بن أبي طالب رضي الله عنه: (الإعجاب ضدُّ الصواب، وآفة الألباب) [6224] ((أدب الدنيا والدين)) للماوردي (237). .
Ali bin Abu Thalib berkata, Ujub yang menjadi lawan kebenaran dan sehat pikiran.
وقالت عائشة رضي الله عنها: (لبست مرة درعًا جديدًا، فجعلت أنظر إليه، وأعجب به، فقال أبو بكر رضي الله عنه: أما علمت أنَّ العبد إذا دخله العجب بزينة الدنيا، مقته ربُّه حتى يفارق تلك الزينة؟ قالت: فنزعته فتصدقت به. فقال أبو بكر رضي الله عنه: عسى ذلك أن يكفِّر عنك) [6225] رواه أبو نعيم في ((حلية الأولياء)) (1/37).
Aisyah berkata, suatu ketika saya mengenakan pakaian baru, kemudian saya merasa bangga dengannya, maka Abu Bakar berkata, sesungguhnya bila bangga masuk ke dalam perhiasan dunia maka Allah membencinya hingga melepasnya. Maka Aisyah berkata, akhirnya lepas bajuku dan aku sedekahkan. Abu Bakar berkata, semoga bisa menebusnya.
- وقالت أيضًا: (وإنَّ العُجْب لو كان رجلًا كان رجل سوء) [6226] رواه ابن وهب في ((جامعه)) (570) (467) من حديث عائشة رضي الله عنها، مرفوعًا. .
Aisyah berkata, andaikan ujub itu berupa orang maka pasti orang jahat.
وعن كعب أنه قال لرجل رآه يتبع الأحاديث: (اتق الله، وارض بالدون من المجلس، ولا تؤذ أحدًا؛ فإنَّه لو ملأ علمك ما بين السماء والأرض مع العُجْب، ما زادك الله به إلا سفالًا ونقصانًا) [6227] رواه أبو نعيم في ((حلية الأولياء)) (5/376)، وابن عبد البر في ((جامع بيان العلم وفضله)) (1/567) (959).
Bertakwalah kepada Allah dan senangilah posisi yang rendah di majlis, jangan suka menyakiti orang. Seandainya ilmumu sepenuh langit dan bumi namun disertai ujub maka Allah tidak menambah kecuali kehinaan dan kekurangan.
وقال أبو الدرداء: (علامة الجهل ثلاث: العُجْب، وكثرة المنطق فيما لا يعنيه، وأن ينهى عن شيء ويأتيه) [6228] رواه ابن عبد البر في ((جامع بيان العلم وفضله)) (1/569) (962)، وابن عساكر في ((تاريخ دمشق)) (47/175). .
Abu Darda' berkata, tanda kebodohan ada tiga, ujub, banyak bicara yang tidak perlu dan melarang sesuatu tapi dia melanggarnya.
وعن مسروق قال: (كفى بالمرء علمًا أن يخشى الله، وكفى بالمرء جهلًا أن يُعجب بعلمه) [6229] ((جامع بيان العلم وفضله)) لابن عبد البر (1/143). .
Masruq berkata, cukuplah seorang dikatakan berilmu bila takut kepada Allah dan cukuplah seorang dianggap bodoh ketika bangga dengan ilmunya.
وقال أبو وهب المروزي: (سألت ابن المبارك: ما الكبر؟ قال: أن تزدري الناس. فسألته عن العُجْب؟ قال: أن ترى أن عندك شيئًا ليس عند غيرك، لا أعلم في المصلين شيئًا شرًّا من العُجْب) [6230] ((سير أعلام النبلاء)) (8/407).
Abu Wahb alMaruzi berkata, saya bertanya kepada Ibnu Mubarak tentang sombong maka beliau menjawab, Engkau remehkan orang lain. Aku bertanya tentang ujub maka menjawab, Engkau merasa memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh selainmu. Aku tidak mendapati suatu yang dimiliki orang yang shalat ketimbang ujub.
وقال علي بن ثابت: (المال آفته التبذير والنهب، والعلم آفته الإعجاب والغضب) [6231] ((جامع بيان العلم وفضله)) لابن عبد البر (1/143).
Abi bin Tsabit berkata, penyakitnya harta ada pada sikap mubadzir dan rakus sedangkan penyakitnya ilmu ada pada ujub dan marah.
وعن خالد بن يزيد بن معاوية قال: (إذا رأيت الرجل لجوجًا، مماريًا، معجبًا بنفسه، فقد تمت خسارته) [6232] ((مساوئ الأخلاق)) للخرائطي (ص 567).
Khalid bin Yazid berkata, jika mendapati orang yang pandai beradu mulut, suka pamer, dan bersikap ujub maka telah lengkap kerugiannya.
نسأل الله لناولكم العافية من العجب .
Diterjemahkan oleh Ust. Zainal Abzidin Syamsuddin
Monday, 11 July 2016
WASPADA PENYAKIT UJUB
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment